Z-Alert: Terobosan Modern yang Wajib Dimiliki untuk Mitigasi Risiko Bencana

See, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dalam hidup ini. Dan hal yang terjadi kepada Suci itu bisa terjadi kepada siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Yang terbaik yang bisa kita lakukan adalah mencegah agar kerugian yang ditimbulkan tidak begitu besar. Dan instrumen seperti program asuransi maupun aplikasi Z-Alert yang ditawarkan oleh Zurich Insurance ini sangatlah penting dalam upaya tanggap risiko bencana tersebut.

foto: Zonalima
Sedikit lebih detail, Z-Alert merupakan aplikasi berbasis smartphoneyang akan memperingatkan penggunanya terhadap bencana-bencana alam seperti banjir, kebakaran, kecelakaan, dan bencana lain. Bentuk peringatan dini itu dikirimkan jika terjadi risiko bencana di tempat-tempat yang telah kita daftarkan. Aplikasi ini memberikan informasi secara lengkap dan rinci, termasuk jarak pengguna dari lokasi bencana. (Zurich.co.id, 2017)Aplikasi Z-Alert ini dikembangkan berdasarkan kerja sama PT Zurich Insurance Indonesia dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Badan Penganggulangan Bencana Daerah (BPBD), yang memang terlibat langsung dalam penanganan bencana. Dengan begitu, penanggulangan bencana dapat dilaksanakan sesegera mungkin.

Misalnya di daerah ‘A’ status peringatan dari BPBD adalah ‘siaga satu’, maka Z-Alert akan mengirimkan notifikasinya kepada pengguna yang mendaftarkan lokasi tersebut. Tak hanya itu, dari Z-Alert kita juga akan mendapatkan saran-saran praktis tentang cara perlindungan terhadap diri dan juga pada properti kita.

See, bayangkan jika saja saat itu rekan saya, Suci, menggunakan Z-Alert di ponselnya, ia tentu saja bisa menghindari kecelakaan yang ia alami. Dan aplikasi ini benar-benar sangat tepat untuk semua warga Jakarta, sebab Jakarta sampai ini tetap menjadi salah satu daerah paling rawan bencana di Indonesia (pengembangan Z-Alert sedang dilakukan untuk warga Jabodetabek).

Menurut catatan resmi pemerintah, hampir setiap tahun puluhan ribu bencana kebakaran, kecelakaan, dan tentu saja banjir, menimpa warga ibukota. Banjir bahkan tetap menjadi bencana yang paling memberikan kerugian fisik, sosial, dan kemanusiaan yang paling tinggi.

Data terakhir dari UNISDR saja (Republika, 2016) menunjukan bahwa, selama 20 tahun terakhir banjir telah memberi dampak kepada 2,3 miliar orang, dimana 95% dari jumlah tersebut tinggal di Asia, termasuk Indonesia (141 bencana antara tahun 2005 – 2014), dengan perkiraan beban keuangan sekitar USD 11 miliar. Dan kehadiran aplikasi seperti Z-Alert ini diharapkan bisa menekan kerugaian itu hingga 50 persen.

Pengaplikasian Z-Alert pun sangatlah sederhana, mudah, dan yang paling penting, GRATIS. Kita hanya perlu mendownload aplikasinya (ANDROID & APPLE), lakukan registrasi, dan tinggal masukkan beberapa tempat yang ingin kita pantau. Nantinya, beragam peringatan risiko akan dikirimkan oleh para professional Customer Careyang bekerja 24 jam setiap hari untuk memantau situasi Jakarta bagi para pengguna yang telah melakukan verifikasi.

Dan tidak seperti pada aplikasi-aplikasi lainnya yang biasa mengirimkan hingga ratusan update dan notifikasi yang tidak kita butuhkan, Z-Alert hanya akan memberikan notifikasi yang memang benar-benar penting bagi penggunanya. Sebuah aplikasi yang dapat membantu kita untuk dapat melindungi diri sendiri serta properti kita dari beragam risiko yang mungkin saja muncul di kemudian hari.

Z-Alert kini sudah dapat diunduh di Google Play dan Apple Store secara gratis. Layanan ini pun tidak memerlukan bayaran apapun atau menuntut pengguna untuk menjadi nasabah Zurich Insurance. Sebab bagi manajemen Zurich, ini bukanlah soal profit bisnis, tetapi lebih kepada keselamatan warga Indonesia sendiri.

So, seriously, guys. I don’t see why you can’t have this apps in your phone. In fact, jika ada aplikasi smartphone yang wajib anda miliki saat ini, maka Z-Alert adalah yang paling utama. Untuk perlindungan diri, keluarga, dan properti anda. Jangan sampai justru penyesalanlah yang datang belakangan menyapa anda.

Leave a Reply